>Menghilangkan Aus Dengan Oli Berteknologi Nano

>


Conditioner untuk preventif

OTOMOTIFNET – Merawat skutik kesayangan, tak lepas dari pelumasan mesin. Hanya saja, kondisi lalu-lintas yang makin parah dan perilaku mengemudi, bikin pelumas berkualitas saja tak cukup. Gesekan ekstrem antar permukaan logam di dalam mesin, menyumbang usia pakai mesin lebih pendek.

Kondisi itu menuntut pemilik skutik tak hanya memakai pelumas bagus tetapi juga memberikan vitamin tambahan. “Bukan oil additif dan juga bukan oil treatment, melainkan ramuan khusus engine conditioner,” terang Salim dari PT Nanotech Indo Artha, distributor Xado Revitalizant.

RANTAI MOLEKUL CARBON C60
Produk ini juga dituang bersama pelumas mesin. Tapi fungsinya lebih spesifik, yakni memproteksi keausan internal engine parts akibat gesekan secara terus menerus pada kondisi ekstrem. Contoh VeryLube Turbo Moto buatan Ukraina.

Kandungan senyawa kimia yang mengandung ‘rantai molekul carbon’ C60 di setiap tetesnya, diklaim mampu membuat lapisan sangat keras pada permukaan logam. Dengan teknologi nano yang sudah canggih, senyawa kimia tadi dibuat sangat kecil (seperseratus micron) untuk bisa masuk ke dalam pori-pori logam.

Lapisan keras dari senyawa kimia Fulleren ini, sekaligus bikin lapisan yang minim gesekan alias anti-friction coating bersifat permanen. “Pada pemakaian rutin, terbukti rumah silinder tak bisa aus akibat gesekan piston,” jelas Salim.

Penemuan molekul rantai carbon yang bisa menghilangkan keausan logam ini, sudah mendapat hadiah Nobel pada 1996. “Revolusi teknologi pelumasan yang diperlukan dewasa ini,” tegas Guidias, managing director Nanotech Indo Artha. Lantas bagaimana dengan skutik lawas yang sudah mengalami keausan?


Pemakaian bertahap untuk perbaikan

Daripada kudu turun mesin karena kompresi menurun dan celah antar permukaan logam semakin lebar, pemilik skutik bisa pakai produk revitalizant merek Xado. Mirip VeryLube Turbo Moto, Xado Revitalizant juga berteknologi Fulleren dalam jumlah (dosis) lebih besar. Karena peruntukannya memang untuk repairing, bukan maintaining.

Dikemas dalam 3 buah sachet berisi @ 4,5 ml, pemakaian dilakukan secara bertahap. Setiap 100 km, satu sachet diisikan ke dalam mesin sampai sachet ke-3 pada jarak tempuh 300 km. Kemudian tinggal lanjutkan hingga masa pemakaian oli habis.

Beberapa kali pengetesan pada mesin motor yang sudah ngebul atau kompresi turun, Xado Revitalizant memberikan hasil perbaikan signifikan. “Kami mendeteksi dari hilangnya asap ngebul dan perbandingan kompresi yang mendekati spesifikasi pabrik,” jelas Guidias lagi.

Tak hanya Xado dan VeryLube yang diimpor dari Ukraina, engine conditioner berteknologi nano bermerek lain juga tersedia di pasar. Sebutlah Nano Energizer yang didatangkan dari Korea dan Nano-Tech yang asli Taiwan.

Sumber : ototips.otomotifnet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: