>Usir Suara Tikus Di Lengan Ayun Suzuki Satria FU150

>OTOMOTIFNET – Kaki-kaki belakang Suzuki Satria FU Anda bersuara nyit..nyit kayak tikus saat berjalan? Sabar, jangan langsung menuduh kalau sokbrekernya yang sudah rusak. Biasanya, gejala ini timbul karena umur pakai sudah 6 bulan ke atas atau lebih dari 20 ribu km.


Gbr 1

Gbr 2

“Sudah lumrah kalo lengan ayun FU berisik. Kebanyakan yang sudah-sudah sih, batang as arm-nya kotor atau berkarat dan kering,” bilang Hasan Basri, mekanik Hasan Motor (HM) di Jl. Raya Kelapa Dua, Jakbar.

Solusinya? Gampang, cukup diberi grease atau gemuk di sisi bagian dalam dan juga pada batang as lengan ayunnya. Ini dilakukan untuk mengurangi gesekan ketika swing arm-nya turun naik. Walaupun begitu, ada trik tersendiri lo. Want to know more?

Pertama, siapkan dulu kunci sok 17 dua buah, gemuk, obeng min, palu, bensin secukupnya dan ampelas 1500. Lalu, turunkan standar tengah di motor demi keselamatan Anda. Setelah itu, copot karet bundar atau pelindung baut dengan mencungkil pakai obeng min di kedua sisi (gbr.1).

Kemudian, lepaskan batang as itu dari rumahnya. Caranya, kendurkan baut di sisi kanan dengan cara menarik ke atas pakai kunci sok 17. Untuk bagian kiri, tahan kunci soknya jangan sampai ikut berputar hingga bautnya lepas (gbr.2).


Gbr 3

Gbr 4

Jika sudah, dorong batang as-nya memakai obeng min sambil digetok dengan palu. “Biarkan obeng tadi tetap berada di dalam lubang as, supaya lengan ayunnya gak langsung jatuh,” wantinya sambil menunjukkan caranya (gbr.3).


Gbr 5

Tarik keluar batang as secara perlahan. Tuh kan berkarat. Langsung aja deh bersihin dengan ampelas 1500 (gbr.4) dan sesekali basuhkan memakai bensin. Ulangi terus teknik tadi sampai benar-benar hilang noda karatnya.

Kalau sudah bersih, oleskan seluruh batang as-nya dan lubang di lengan ayun dengan gemuk hingga merata (gbr.5).

“Cek juga, bos armnya kalo pecah mau enggak mau harus diganti. Harga satu setnya sekitar Rp 35-50 ribu, itupun baru sebelah kanan doang,” ucapnya.

Apabila semua sudah selesai dioleskan, rakit kembali seperti sediakala dan lakukan pengetesan sambil menekan naik turun dengan tangan.

Dah gak bunyi kan?

Sumber : ototips.otomotifnet.com

var geo_Partner = ‘d9d498ef-9201-4636-96ba-379cf375149f’; var geo_isCG = true;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: