Honda Tiger tersayang

Honda Tiger,

itu motor kesayanganku yang sudah 5 tahun menemani hidupku.

Motor ini benar-benar tangguh (2005, 2006, 2007, 2008 lewat…), dari sejak aku mengikuti pendaftaran CPNS 5 tahun yang lalu sampai tahun 2009 ini dan insya Alloh sampai tahun 2010, 2011, 2012 dst…….. he….3x.

Sekarang sudah hampir 1 tahun tidak pernah service, ganti oli 3 bulan sekali tapi tetap jalan aja. kalo mogok dijalan lantaran karburator kotor, tinggal dikuras aja karburatornya dengan cara memutar sekrup penguras karbu, habis itu distarter jalan lagi deh.

Dulu waktu masih kuliah, masih kuliah dijogja yang jaraknya sekitar 230 km motor ini rutin kuajak bolak balik seminggu sekali, dan untuk sehari-hari ini motor jalan minimal 60 km (jarak rumah sama kantor yang 32 km), namanya juga Pegawai Negeri Sipil, Kerja berat jarak jauh bensin mahal tapi gaji kecil.

Kalo kuingat-ingat motor ini benar-benar tangguh khan…, bensinya irit lagi (1 liter :40 km dalkot 1:55 Km luar kota).

Cuma sayang motor ini terlalu berat di body, jadi kecepatan tidak terlalu tinggi tapi nyaman buat jalan, tapi justru itu yang kusuka dari motor touring macam gini.

kalo untuk masalah kerusakan ringan pada motor ini, saya benerin sendiri sebisanya dengan bantuan Buku Manual Tiger (bukan manual kali ya tapi Engine Catalog Tiger) berupa PDF yang aku download dari internet (benar-benar berguna).

Kalo sekarang sudah banyak tipe motor sport / Touring baru tapi saya tetep sayang sama TIGER, karena motor yang cocok kalo buat aku sihyang penting nyaman dikendarai, nda usah kenceng tapi irit (aku jalan paling banter cuma 100 kok, seringnya 60 – 80 km/jam), tidak rewel (nda minta perawatan yang neko-neko), kalo perbandingan sama motor lain menurutku adalah :

1. Honda Mega Pro – Bodynya kurang garang

2. Yamaha V-Ixion – Mesinnya lantaran terlalu canggih, masih ragu kalo buat menjelajah medan berat, lagipula aku khan kurang terlalu rajin merawat motor.

3. Yamaha Scorpio – Aku suka mesin motor ini, tapi bodynya kurang suka dan juga bensinya boros.

4. Suzuki Thunder 250 (sdh nda keluar)- ini dulu saya pingin banget karena mesin yang gede, tapi body kurang dan lagipula waktu dulu harga ngga nyampe.

5. Kawasaki Ninja – Borosss

6. Honda CBR – Kemahalan

Pokoknya sampe sekarang saya tetep sayang sam Tiger saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: